NASKAH SKENARIO PEMBELAJARAN SD KELAS 1 TEMA 6

 

A.    Tema                    : 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri

B.     Sub Tema             : 1. Lingkungan Rumahku

C.     Pertemuan            : 1

D.    Alokasi waktu      : 1 Hari

E.     Materi Pembelajaran

1.      Bahasa Indonesia       : menceritakan kembali teks cerita

2.      Matematika                : membilang angka 41-60

3.      PPKn                          : cara menjaga lingkungan bersih

F.      Kompetensi Inti

1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

G.    Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

3.2 Mengenal teks petunjuk/ arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dengan bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika

3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana

3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20

4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

PPKn

3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah dan sekolah

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah

H.    Pengantar

Siswa kelas 1 sekolah dasar pada pembelajaran ini diharapkan sudah memiliki gambaran tentang kegiatan menjaga lingkungan baik di rumah dan di sekolah. Siswa dirangsang dengan pertanyaan yang merujuk pada kegiatan yang mereka lakukan dalam melakukan aktivitas dan menjaga, yang terkait dengan mengenal kegiatan keseharian misalkan merapikan kamar tidur atau menyapu halaman rumah dan sebagainya. Kegiatan dilakukan dengan menghadirkan fenomena yang ada dalam keseharian misalkan dampak ketika tidak menjaga lingkungan dengan baik yang divisualisasikan dengan menggunakan gambar pada buku siswa.

I.       Sinopsis

Penyajian pembelajaran diawali memberikan apersepsi yaitu dengan menanyakan kepada siswa tentang kegiatan siswa dibantu dengan media gambar pop up art book. Pembelajaran mengajak mereka untuk menghubungkan antara fenomena yang terjadi misalkan permasalahan akibat tidak membersihkan lingkungan yang benar yang dibantu dengan media. Sehingga siswa terpancing untuk mengetahui lebih lanjut permasalahan yang terjadi dalam keseharian serta memberikan solusi dengan tanya jawab. Setelah itu siswa secara berpasangan berdiskusi lalu menceritakan tentang kebersihan rumah ataupun dilingkungannya.

J.       Setting Ruang Kelas

Pada awal pembelajaran tempat duduk semula

Pada kegiatan pembelajaran ini dibentuk beberapa kelompok secara berpasangan

K.    Media Pembelajaran

1.      Buku Pedoman Guru dan Siswa Tema : Lingkungan bersih, sehat, dan asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

2.      Media pop up art book berupa gambar keadaan rumah bersih dan yang tidak bersih dan tidak rapi rumah kotor.

3.      Benda-benda kecil sejumlah 60 buah (daun kering dan kerikil)

L.     Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Awal

a.       Guru memasuki ruangan kelas

b.      Guru mengucapkan salam

Guru : “Assalamu’alaikum Wr.Wb” “Bagaimana kabar kalian hari ini anak-anak?”

c.       Siswa-siswi menjawab salam

d.      Siswa : “Wa’alaikumsalam Wr.Wb” ,”Baik Bu, Alhamdullilah, luar biasa”

e.       Guru menunjuk seorang siswa untuk memimpin doa.

Guru : “Baiklah anak-anak sebelum memulai pelajaran hari ini kita berdoa dulu, baiklah silahkan ketua kelas memimpin doa”

f.       Siswa-siswi mulai berdoa

g.      Setelah selesai berdoa, guru mempresensi siswa-siswi

Guru :“siapa yang tidak hadir hari ini anak-anak?, cobalah tengok teman kalian apakah sudah lengkap?”

Siswa “masuk semua, Bu”

Guru : “Ya baiklah anak-anak Ibu akan memulai pelajaran hari ini, “apakah kalian sudah siap!”


 

Siswa : “Siap Bu”

h.      Guru memulai pembelajaran

2.      Kegiatan Inti

a.       Siswa mendengarkan guru yang sedang membuka pelajaran menanyakan kegiatan siswa. Siswa menjelaskan apa saja yang dilakukannya pada pagi hari.

b.      Siswa menjawab pertanyaan guru.

c.       Siswa menyimak, guru mengarahkan diskusi mengenai apa yang dapat dilakukan siswa untuk membantu orang tua merapikan rumah, misalnya dengan merapikan kamar tidur sendiri.

d.      Siswa memperhatikan guru menunjukkan dua gambar pada buku siswa.

e.       Siswa membandingkan dua gambar. Siswa diminta untuk membandingkan melalui panduan pertanyaan berikut: mana yang lebih indah? Mana yang lebih nyaman ditinggali? Mana yang sebaiknya terjadi di rumah kita?

f.       Siswa mendengarkan penjelasan guru, mengapa rumah harus bersih dan rapi.

g.      Siswa berdiskusi tentang bagaimana kita menciptakan rumah yang bersih dan rapi dengan arahan guru.

h.      Siswa berpasangan sesuai arahan guru. mereka diminta saling menceritakan keadaan rumahnya. Apakah rumahnya bersih dan rapi? Jika tidak, apa yang harus dilakukan?

i.        Siswa bergantian mendengarkan pendapat temannya.

j.        Siswa menceritakan keadaan rumah pasangannya.

k.      Setelah semua siswa bercerita, siswa diajak guru untuk bercakap-cakap mengenai bermain rumah-rumahan (bermain peran).

l.        Setelah bercakap-cakap, siswa menjawab pertanyaan apakah siswa suka bermain rumah-rumahan (bermain peran).

m.    Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan bermain peran. Guru memberi peran yang harus dimainkan (ayah, ibu, kakak, adik) dan garis besar jalan ceritanya, yaitu tentang orang tua yang mengajak anaknya membantu membersihkan dan merapikan rumah.

n.      Siswa menjawab pertanyaan tentang apa yang harus diucapkan dan dilakukan oleh siswa dalam bermain peran tersebut. Misalnya, sebagai ibu, bagaimana sikapnya jika rumahnya tidak rapi? Apa yang akan dikatakannya terhadap sang ayah dan anak?

o.      Siswa menyimak pengarahan guru dalam memilih peran dan menggunakan alat bantu dalam bermain peran.

p.      Setiap kelompok menampilkan permainan perannya secara bergantian.

q.      Jika memungkinkan, kegiatan ini dapat dilangsungkan di luar ruang kelas, seperti di UKS agar siswa dapat memperagakan cara merapikan tempat tidur.

r.        Setelah itu, siswa menyimpulkan tentang bagaimana cara ikut menjaga kebersihan rumah.

s.       Siswa melakukan refleksi kegiatan dengan arahan guru.

t.        Selanjutnya guru bertanya kepada siswa apakah mereka pernah membersihkan halaman rumah.

u.      Guru menerangkan bahwa di halaman rumah yang banyak pohon besarnya, akan banyak daun-daun yang berjatuhan. Kita dapat membersihkannya dengan menyapu. Pada saat menyapu, biasanya terdapat kerikil-kerikil kecil yang terbawa. Di halaman sekolah juga biasanya banyak pohon besar dan daun-daunnya yang berserakan.

v.      Siswa dibawa ke luar halaman sekolah dan diminta mengumpulkan 60 lembar daun atau 60 kerikil dengan arahan guru.

w.    Siswa kembali ke kelas masing-masing, lalu menghitung kembali daun-daun dan kerikil yang mereka kumpulkan bersama guru.

x.      Setelah selesai berhitung siswa mendengarkan penjelasan guru bagaimana menulis lambang bilangan 41-60. Siswa diingatkan kembali cara menulis lambing bilangan 40 yang telah mereka pelajari sebelumnya.

y.      Beberapa siswa diajak ke depan untuk menulis lambang bilangan 40, 41, 42, 43, dan seterusnya sambil membilang.

z.       Siswa berlatih menulis lambang bilangan dan nama bilangan 41 - 60 di buku siswa di gambar kelereng yang disediakan.

aa.   Jika diperlukan, siswa dapat meminta penjelasan tambahan dari guru yang berkeliling untuk mengecek pemahaman siswa.

bb.  Setelah selesai, siswa dapat berlatih membilang 1-60 dengan berbagai benda yang disediakan guru.

3.      Kegiatan Akhir

a.       Refleksi

Guru : “Pada pembelajaran hari ini kita sudah belajar tetang apa saja anak-anak?” (siswa bersama guru membuat kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan)

Guru : “Bagaimana anak-anak apakah kegiatan pembelajaran tadi sangat menyenangkan?” (siswa menjawab tetang kesan pembelajaran hari ini)

b.      Tindak Lanjut

Guru : “Baiklah anak-anak untuk pembelajaran kalian pelajari materi setelah ini pada buku kalian, besok kita lanjutkan.

c.       Guru memberikan esan pada pembelajaran hari ini

d.      Guru : “Sebelum mengakhiri pembelajaran hari ini Ibu berpesan kepada kalian agar menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari berbagai penyakit”

4.      Penutup

a.       Guru : “Nah itulah tadi pembelajaran yang telah kita lakukan anak-anak, Apabila ada salah-salah kata ibu mohon maaf. Sekian pertemuan hari ini Wa billahi Taufiq wal Hidayah Wassalamu’alaikum Wr. Wb.” (siswa menjawab salam penutup)

M.   Tahapan Pembelajaran

1.      Mempersiapkan pembelajaran

2.      Menjelaskan materi melalui pop up art book

3.      Pembentukan kelompok secara berpasangan

4.      Mengerjakan LKS

5.      Penutup

Komentar