A. Tema
: 6. Lingkungan Bersih,
Sehat, dan Asri
B. Sub
Tema : 1. Lingkungan Rumahku
C. Pertemuan
: 1
D. Alokasi
waktu : 1 Hari
E. Materi
Pembelajaran
1. Bahasa
Indonesia : menceritakan kembali
teks cerita
2. Matematika : membilang angka 41-60
3. PPKn
: cara menjaga
lingkungan bersih
F. Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
G. Kompetensi
Dasar
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks petunjuk/ arahan tentang
perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan
guru atau teman dengan bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal
tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan
bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.4
Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan
mundur dari 20
4.1
Mengurai sebuah bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada
di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di
rumah dan di sekolah
H. Pengantar
Siswa kelas 1 sekolah
dasar pada pembelajaran ini diharapkan sudah memiliki gambaran tentang kegiatan
menjaga lingkungan baik di rumah dan di sekolah. Siswa dirangsang dengan
pertanyaan yang merujuk pada kegiatan yang mereka lakukan dalam melakukan
aktivitas dan menjaga, yang terkait dengan mengenal kegiatan keseharian misalkan
merapikan kamar tidur atau menyapu halaman rumah dan sebagainya. Kegiatan
dilakukan dengan menghadirkan fenomena yang ada dalam keseharian misalkan dampak
ketika tidak menjaga lingkungan dengan baik yang divisualisasikan dengan
menggunakan gambar pada buku siswa.
I. Sinopsis
Penyajian pembelajaran
diawali memberikan apersepsi yaitu dengan menanyakan kepada siswa tentang
kegiatan siswa dibantu dengan media gambar pop
up art book. Pembelajaran mengajak mereka untuk menghubungkan antara
fenomena yang terjadi misalkan permasalahan akibat tidak membersihkan lingkungan
yang benar yang dibantu dengan media. Sehingga siswa terpancing untuk
mengetahui lebih lanjut permasalahan yang terjadi dalam keseharian serta
memberikan solusi dengan tanya jawab. Setelah itu siswa secara berpasangan
berdiskusi lalu menceritakan tentang kebersihan rumah ataupun dilingkungannya.
J. Setting
Ruang Kelas
Pada awal pembelajaran
tempat duduk semula
Pada kegiatan
pembelajaran ini dibentuk beberapa kelompok secara berpasangan
K. Media
Pembelajaran
1. Buku Pedoman
Guru dan Siswa Tema : Lingkungan bersih,
sehat, dan asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Media pop up
art book berupa gambar keadaan rumah bersih dan yang tidak bersih dan tidak rapi rumah kotor.
3. Benda-benda kecil sejumlah
60 buah (daun kering dan kerikil)
L. Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
a. Guru
memasuki ruangan kelas
b. Guru
mengucapkan salam
Guru :
“Assalamu’alaikum Wr.Wb” “Bagaimana kabar kalian hari ini anak-anak?”
c. Siswa-siswi
menjawab salam
d. Siswa
: “Wa’alaikumsalam Wr.Wb” ,”Baik Bu, Alhamdullilah, luar biasa”
e. Guru
menunjuk seorang siswa untuk memimpin doa.
Guru : “Baiklah
anak-anak sebelum memulai pelajaran hari ini kita berdoa dulu, baiklah silahkan
ketua kelas memimpin doa”
f. Siswa-siswi
mulai berdoa
g. Setelah
selesai berdoa, guru mempresensi siswa-siswi
Guru :“siapa yang tidak
hadir hari ini anak-anak?, cobalah tengok teman kalian apakah sudah lengkap?”
Siswa “masuk semua, Bu”
Guru : “Ya baiklah
anak-anak Ibu akan memulai pelajaran hari ini, “apakah kalian sudah siap!”
Siswa
: “Siap Bu”
h.
Guru memulai
pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa mendengarkan guru yang sedang membuka pelajaran
menanyakan kegiatan siswa. Siswa menjelaskan apa saja yang dilakukannya pada
pagi hari.
b.
Siswa menjawab
pertanyaan guru.
c.
Siswa menyimak, guru
mengarahkan diskusi mengenai apa yang dapat dilakukan siswa untuk membantu
orang tua merapikan rumah, misalnya dengan merapikan kamar tidur sendiri.
d.
Siswa memperhatikan
guru menunjukkan dua gambar pada buku siswa.
e.
Siswa membandingkan dua
gambar. Siswa diminta untuk membandingkan melalui panduan pertanyaan berikut:
mana yang lebih indah? Mana yang lebih nyaman ditinggali? Mana yang sebaiknya
terjadi di rumah kita?
f.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru, mengapa rumah harus bersih dan rapi.
g.
Siswa berdiskusi tentang
bagaimana kita menciptakan rumah yang bersih dan rapi dengan arahan guru.
h.
Siswa berpasangan
sesuai arahan guru. mereka diminta saling menceritakan keadaan rumahnya. Apakah
rumahnya bersih dan rapi? Jika tidak, apa yang harus dilakukan?
i.
Siswa bergantian
mendengarkan pendapat temannya.
j.
Siswa menceritakan
keadaan rumah pasangannya.
k.
Setelah semua siswa
bercerita, siswa diajak guru untuk bercakap-cakap mengenai bermain
rumah-rumahan (bermain peran).
l.
Setelah bercakap-cakap,
siswa menjawab pertanyaan apakah siswa suka bermain rumah-rumahan (bermain peran).
m.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru bahwa mereka akan bermain peran. Guru memberi peran yang harus dimainkan
(ayah, ibu, kakak, adik) dan garis besar jalan ceritanya, yaitu tentang orang
tua yang mengajak anaknya membantu membersihkan dan merapikan rumah.
n.
Siswa menjawab
pertanyaan tentang apa yang harus diucapkan dan dilakukan oleh siswa dalam
bermain peran tersebut. Misalnya, sebagai ibu, bagaimana sikapnya jika rumahnya
tidak rapi? Apa yang akan dikatakannya terhadap sang ayah dan anak?
o.
Siswa menyimak
pengarahan guru dalam memilih peran dan menggunakan alat bantu dalam bermain peran.
p.
Setiap kelompok
menampilkan permainan perannya secara bergantian.
q.
Jika memungkinkan,
kegiatan ini dapat dilangsungkan di luar ruang kelas, seperti di UKS agar siswa
dapat memperagakan cara merapikan tempat tidur.
r.
Setelah itu, siswa
menyimpulkan tentang bagaimana cara ikut menjaga kebersihan rumah.
s.
Siswa melakukan
refleksi kegiatan dengan arahan guru.
t.
Selanjutnya guru
bertanya kepada siswa apakah mereka pernah membersihkan halaman rumah.
u.
Guru menerangkan bahwa
di halaman rumah yang banyak pohon besarnya, akan banyak daun-daun yang berjatuhan.
Kita dapat membersihkannya dengan menyapu. Pada saat menyapu, biasanya terdapat
kerikil-kerikil kecil yang terbawa. Di halaman sekolah juga biasanya banyak
pohon besar dan daun-daunnya yang berserakan.
v.
Siswa dibawa ke luar
halaman sekolah dan diminta mengumpulkan 60 lembar daun atau 60 kerikil dengan arahan
guru.
w.
Siswa kembali ke kelas
masing-masing, lalu menghitung kembali daun-daun dan kerikil yang mereka
kumpulkan bersama guru.
x.
Setelah selesai
berhitung siswa mendengarkan penjelasan guru bagaimana menulis lambang bilangan
41-60. Siswa diingatkan kembali cara menulis lambing bilangan 40 yang telah
mereka pelajari sebelumnya.
y.
Beberapa siswa diajak
ke depan untuk menulis lambang bilangan 40, 41, 42, 43, dan seterusnya sambil membilang.
z.
Siswa berlatih menulis
lambang bilangan dan nama bilangan 41 - 60 di buku siswa di gambar kelereng yang
disediakan.
aa.
Jika diperlukan, siswa
dapat meminta penjelasan tambahan dari guru yang berkeliling untuk mengecek
pemahaman siswa.
bb.
Setelah selesai, siswa
dapat berlatih membilang 1-60 dengan berbagai benda yang disediakan guru.
3.
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Guru
: “Pada pembelajaran hari ini kita sudah belajar tetang apa saja anak-anak?” (siswa
bersama guru membuat kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah
dilaksanakan)
Guru
: “Bagaimana anak-anak apakah kegiatan pembelajaran tadi sangat menyenangkan?” (siswa
menjawab tetang kesan pembelajaran hari ini)
b.
Tindak Lanjut
Guru
: “Baiklah anak-anak untuk pembelajaran kalian pelajari materi setelah ini pada
buku kalian, besok kita lanjutkan.
c.
Guru memberikan esan
pada pembelajaran hari ini
d.
Guru : “Sebelum
mengakhiri pembelajaran hari ini Ibu berpesan kepada kalian agar menjaga
lingkungan sekitar agar terhindar dari berbagai penyakit”
4.
Penutup
a.
Guru : “Nah itulah tadi
pembelajaran yang telah kita lakukan anak-anak, Apabila ada salah-salah kata
ibu mohon maaf. Sekian pertemuan hari ini Wa billahi Taufiq wal Hidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.” (siswa menjawab salam penutup)
M. Tahapan
Pembelajaran
1. Mempersiapkan
pembelajaran
2. Menjelaskan
materi melalui pop up art book
3. Pembentukan
kelompok secara berpasangan
4. Mengerjakan
LKS
5. Penutup
Komentar
Posting Komentar